Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Parungkuda

Suasana penyaluran BPNT

parungkuda.desa.id – Jumat (25/05/2018). Sesuai program pemerintah dalam hal ini Kementerian Sosial yang telah dimulai sejak tahun 2017 lalu yaitu penerapan bantuan sosial melalui kartu kombo atau KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) yang dapat memudahkan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) atau peserta PKH (Program Keluarga Harapan) dalam memenuhi kebutuhan pangan yang dapat digunakan di E-Warong atau Agen yang telah ditunjuk. Maka, pada hari jumat ini sebanyak 221 KPM/PKH di Desa Parungkuda telah dapat menggunakan kartu kombonya masing-masing untuk ditukar dengan 2 (dua) karung beras berukuran 5 kilogram.

Kartu kombo tersebut merupakan dompet elektonik (e-wallet) tersistem yang dikeluarkan oleh Bank yang telah bekerja sama dengan Kementerian Sosial guna mensukseskan program E-Warong atau BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) ini. Jadi nantinya penyaluran BPNT akan langsung diterima para KPM/PKH ke kartu kombonya masing-masing sebesar Rp. 110,000,- per bulan untuk ditukarkan dengan barang pangan sesuai program yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini dilakukan guna mempermudah pemerintah dalam mengontrol penyaluran BPNT dan mencegah atau meminimalisir bantuan agar tidak salah sasaran.

Bertempat di aula desa, kegiatan penyaluran BPNT berlangsung tertib. Karena di Desa Parungkuda belum ada E-Warong maka untuk penyaluran BPNT ini melalui Agen yang resmi ditunjuk yaitu BUMDes Parungkuda. Namun, ada kendala yang dialami oleh beberapa penerima BPNT ini, yaitu saldo pada kartu kombonya masih kosong sehingga belum dapat ditukarkan. Akan tetapi, penerima BPNT tersebut dapat kembali menukarkan kartu kombonya dilain hari tentunya setelah saldo terisi.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan