Pemdes Parungkuda Pasang Baliho APBDesa TA 2018

parungkuda.desa.id – Rabu (25/07/2018). Sebagai bentuk sarana sosialisasi dan publikasi rencana penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun anggaran 2018, Pemerintah Desa Parungkuda memasang baliho infografis APBDesa TA 2018 di halaman kantor desa. Hal ini sebagai wujud nyata pemerintah desa dalam rangka transparansi pendapatan dan penggunaan anggaran, terutama penggunaan Dana Desa (DD). Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, pemasangan baliho ini masih merupakan bagian dari kegiatan musyawarah sosialisasi Dana Desa (DD) yang telah diselenggarakan pada Jumat (30/03/2018) lalu (http://parungkuda.desa.id/2018/04/02/musyawarah-sosialisasi-dana-desa-ta-2018/).

Dengan pemasangan baliho tersebut diharapkan dapat meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga pengawasan agar tepat sasaran sesuai prioritas penggunaan Dana Desa (DD) sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 3 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Perbup Nomor 72 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa Tahun Anggaran 2018. Selain itu mulai tahun 2018 ini untuk kegiatan atau program desa yang didanai dari Dana Desa (DD) terutama di bidang pelaksanaan pembangunan desa wajib menerapkan konsep Padat Karya Tunai (PKT). Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan peran partisipasi masyarakat dalam hal pelaksanaan melalui swadaya maupun gotong royong dalam kegiatan pembangunan sehingga keterlibatan masyarakat tidak hanya di pengawasan saja. Apalagi dengan konsep inti PKT ini yaitu untuk menyerap tenaga kerja dari masyarakat sekitar terutama yang tidak mempunyai pekerjaan tetap atau pengangguran.

Mengenai pendapatan dan belanja untuk program atau kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2018 dapat dilihat di baligo yang telah berdiri kokoh di halaman kantor desa ataupun dapat mengunduh file softcopy-nya vila link berikut (https://goo.gl/18RRjK).

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan