Meriahkan HUT RI, Pemdes gelar berbagai acara

Grup qosidah PKK Desa Parungkuda menunjukan kebolehannya
Camat (kaos kuning) saat melepas peserta jalan sehat didampingi kades (kaos putih)
Antusiasme peserta hingga memenuhi halaman kantor desa
Kades (kaos putih) terjun langsung memantau acara jalan sehat

parungkuda.desa.id – Minggu (02/09/2018). Setelah menggelar perlombaan mewarnai tingkat PAUD pada kamis (30/08) lalu, pemdes kembali menggelar berbagai acara antara lain jalan sehat, pameran UMKM dan gebyar seni budaya yang dimaksudkan untuk semakin menyemarakan peringatan HUT Republik Indonesia yang ke-73 tahun yang dipusatkan di kantor desa. Jejen Zaenal selaku ketua panitia HUT RI Desa Parungkuda menuturkan bahwa serangkaian acara tersebut bertujuan agar masyarakat dapat mengetahui berbagai capaian pembangunan yang telah dilaksanakan pemerintah melalui jalan sehat dan melalui momen pameran UMKM sebagai ajang mempromosikan produk-produk UMKM yang ada di Desa Parungkuda. Selain itu dengan adanya acara gebyar seni budaya sebagai sarana untuk memperkenalkan kegiatan seni dan budaya yang ada di Desa Paurngkuda seperti karate, pencak silat, marawis, qosidah dan tari-tarian yang ditampilkan oleh peserta mulai dari anak hingga dewasa.

Pertunjukan seni beladiri pencak silat dan karate
Wah ada “Ronaldo” & “Febri Persib” ikutan jalan sehat juga
Pengundian kupon doorprize

Kepala Desa Parungkuda dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas kemerdekaan yang kita raih dan juga untuk mengenang jasa para pahlawan. Sebagai pembuka, panitia menyuguhkan penampilan grup qosidah PKK Desa Parungkuda dengan membawakan 2 lagu religi yang tengah hits masa kini. Sekitar pukul 8 pagi acara jalan sehat pun dimulai yang ditandai oleh dikibarkannya bendera balap oleh camat Parungkuda, H. Aep Syaefullah, M.Si. Acara ini mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat hal itu terbukti dengan tingginya animo peserta mengikuti jalan sehat ini dengan melibatkan sekitar 400 orang peserta dari usia anak hingga dewasa. Mengambil rute mengelilingi sebagian wilayah Desa Parungkuda dengan urutan rute dari kantor desa, Kampung Baru, Kandang Gede, Pasir Leutik, Sukasirna, Gang Metro dan finish di kantor desa kembali dengan jarak tempuh kurang lebih 3 KM. Tawa dan canda dari para peserta mengiringi selama mereka berjalan mengelilingi desa guna sebagai penghibur dari rasa lelah yang mereka rasakan. Tak lupa panitia menyediakan air minum dan mengawasi pelaksanaan acara jalan sehat ini yang ditempatkan di titik tertentu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu setiap peserta mendapat nomor kupon doorprize yang akan diundi setelah mereka mencapai garis finish.

Pengumuman juara lomba mewarnai
Pengumuman juara lomba dongdang
Berbagai penampilan tarian anak-anak
Berbagai penampilan qosidah & marawis anak-anak

Selepas peserta tiba di tempat finish, panitia menyediakan berbagai acara hiburan dari para pelaku seni budaya seperti seni beladiri karate, beladiri pencak silat, qasidah, marawis, tari tetew, tari goyang dua jari dan berbagai tari lainnya yang pesertanya sebagian besar anak-anak. Selang dalam acara hiburan, panitia melakukan pengundian kupon doorprize dengan hadiah seperti peralatan rumah tangga, kosmetik, ponsel dan alat elektronik. Sudah barang tentu momen pengundian ini mendapat perhatian yang lebih dari peserta karena penuh harap cemas agar nomor undian yang mereka miliki keluar dan mendapatkan hadiah. Akhirnya momen yang paling ditunggu oleh tutor dan anak PAUD pun dimulai, yaitu pengumuman juara perlombaan mewarnai tingkat PAUD sewilayah Desa Parungkuda. Berikut nama anak PAUD yang ditetapkan sebagai juara oleh dewan juri dan panitia :

 

a) Juara 1 : Jhian Fahri Jiah dari SPS TP Ibnussalaf

b) Juara 2 : Virginia dari RA Al Asroriyyah (AMA)

c) Juara 3 : Maiza Sachi dari RA Panca Warna

d) Juara Harapan 1 : Azzahra dari TK Kharibia Al Mansyur

e) Juara Harapan 2 : Syanirha Putri Rumdani dari SPS Edelwais

f) Juara Harapan 3 : Muhammad Airlangga dari PAUD Sakinah

g) Juara Harapan 4 : Sinta Rismawati dari PAUD Mutiara Al Falij

h) Juara Kategori Harmoni : Nurfadilla dari RA Al Asroriyyah (AMA)

i) Juara Kategori Motorik : Nabilla dari SPS TP Ibnussalaf

j) Juara Kategori Finishing : Dhea dari RA Al Asroriyyah (AMA)

Selain itu juga diumumkan untuk juara perlombaan dongdang yaitu RT 01 RW 04 keluar sebagai juara 1 dan RW 04 sebagai juara 2. Tak lupa sebelum menutup acara panitia menyampaikan permohonan maaf apabila dalam penyelenggaraan kegiatan peringatan HUT RI ini masih terdapat kekurangan dan belum maksimal.

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan