Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2019

parungkuda.desa.id – Senin (28/10/2019). Tanggal 28 Oktober merupakan salah satu hari bersejarah di Republik Indonesia yang menjadi cikal bakal lahirnya persatuan pemuda-pemuda dari berbagai daerah di Indonesia tahun 1928 silam sebagai tonggak awal dalam menyongsong kemerdekaan Republik Indonesia 17 tahun kemudian (17 Agustus 1945). Adapun makna logo dalam peringatan hari sumpah pemuda tahun 2019 sebagaimana dikutip dari laman (https://www.kompasiana.com/roisulh6191/5db4f44e097f361218434ac3/begini-makna-logo-hari-sumpah-pemuda-hsp-2019) yaitu :

  1. Monumen : Pemuda adalah agent of change yang momennya selalu terabadikan karena keberanian dan pemikirannya yang kritis. Sumpah pemuda pada 27-28 Oktober 1928 telah menginspirasi bangsa ini untuk merdeka 17 tahun kemudian. Walau peristiwa sumpah pemuda jauh dari tahun kemerdekaan setidaknya peristiwa itu telah menjadi monumen persatuan bangsa.
  2. Kepalan tangan jempol : Jempol tangan biasanya digunakan untuk mengapresiasi atau memuji suatu yang baik. Tindakan yang dlakukan oleh para pemuda selalu menuju arah yang positif dan penuh kebaikan dengan penuh semangat terdepan.
  3. Angka 91: Hari sumpah pemuda yang ke-91 sejak dikumandangan pada tahun 1928. Ini artinya sudah kurang 9 tahun lagi HSP akan menginjak satu abad. Patut ditunggu kiprah pemuda jaman milenial ini.
  4. Warna merah, hijau, biru dan kuning : Bermakan keberagaman latar belakang pemuda dan kewajiban untuk menjunjung tinggi persatuan dengan tidak memandang perbedaan itu.
  5. SUMPAH PEMUDA “BERSATU KITA MAJU” : berwarna putih dan background merah menandakan keberanian dan didasarkan atas kesucian dalam membuat dasar sebuah monument, pondasi yang didirikan atas dasar persatuan karena kita satu nusa, satu bangsa dan satu Bahasa Indonesia.

Kami atas nama segenap jajaran Pemerintahan Desa Parungkuda Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-91. Marilah bersatu kita maju!

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan